Sabtu, 31 Januari 2015

Cara Asik Menyantap Cempedak, Obat Antimalaria Alami

Berdasarkan penelitian, kulit batang cempedak ternyata mengandung senyawa utama heteriflavon C yang dapat menghilangkan parasit penyebab malaria. Oleh sebab itu, kulit batang cempedak dapat diolah menjadi obat tradisional untuk mengatasi malaria. Selain itu, kulit batang cempedak juga mengandung senyawa kimia artoindonesianidin yang tergolong senyawa flavonoid yang bersifat antioksidan.

Buah Cempedak menjadi primadona

Kemungkinan besar senyawa tersebut juga terdapat pada bagian buahnya. Berdasarkan uji klinis, senyawa tersebut dapat membunuh perkembangbiakan sel tumor leukemia.
            Di Kalimantan, tanaman yang masih satu keluarga dengan nangka ini sangat termasyur. Cempedak dengan nama latin Artocarpus Integer memiliki buah dengan rasa yang manis dan mengandung vitamin A, C dan mengandung serat yang baik untuk pencernaan.

Buah cempedak setelah terlepas dari kulitnya
Selain bisa dimakan langsung, buah cempedak juga bisa disajikan dalam bentuk gorengan. Adonan cempedak goreng adalah campuran terigu, sedikit tepung beras, garam, dan air secukupnya. Masukkan buah cempedak ke dalam adonan sambil diaduk rata. Kemudian goreng dalam minyak panas hingga masak dan berwarna kuning kecokelatan.

Buah Cempedak dalam adonan

Inilah cempedak goreng yang lezat

Biji cempedak dapat direbus untuk dimakan langsung sebagai camilan. Bahkan biji rebusan tadi masih bisa diolah lagi menjadi teman makan nasi, yaitu dengan menumis biji cempedak rebus yang telah di iris kasar, bersama bumbu dapur.

Lalapan Mandai
Satu lagi yang palling nikmat dari cempedak adalah kulit buahnya. Kulit cempedak dapat diolah menajadi lalapan atau disebut mandai. Caranya dengan mengupas kulit cempedak bagian luar hingga tampak putih, kemudian dibersihkan dan direndam ladam larutan air bercampur garam, kemudian di goreng kering.

Setelah dikupas, kulit cempedak direndam air garam

Kulit cempedak setelah digoreng disantap bersama sambal

Ada juga yang menyimpan mandai yang masih terendam air bercampur garam hingga berhari-hari lamanya. Mandai dapat digoreng setiap saat bila diinginkan.
Mengigit mandai goreng seperti mengigit guratan daging, rasanya gurih dengan dengan aroma yang khas. Biasanya disajikan bersama sambal terasi dan dimakan seperti lalapan sebagai teman makan nasi. Rasanya, hmmm sudah dipastikan sedap sekali. Begitulah cara asik menyantap buah buah cempedak yang kaya manfaat ini. 

5 komentar: