Rabu, 18 Januari 2017

Bakmi Mewah Aneka Topping, Sajian Mewah di Rumah

Siapa, sih, yang nggak suka makan mie instan? Saya dan suami doyan banget. 
Makanan praktis ini menjadi cemilan ringan di antara jam makan besar pada pagi dan sore hari. Bahkan saat perut keroncongan di malam hari, lagi-lagi mie instan solusinya.

Tapi sejak punya anak, kami menyembunyikan kebiasaan makan mie instan serapi mungkin. Menyantap mie instan bareng suami jadi me-time yang seru, soalnya dilakukan saat anak-anak sedang tidur. Jadilah umpet-umpetan. Loh, memangnya kenapa? Kawatir mereka ikut ketagihan seperti kami, orangtuanya.


Melihat iklan Bakmi Mewah di televisi, jujur saya tergoda. Saya pun mencobanya. Ternyata ini bukan mie instan biasa, tapi bakmi siap saji lengkap dengan irisan ayam dan jamur. Eh... ayam dan jamunya beneran loh, nggak perlu dimasak lagi. 
Saat digigit terasa kaldu aslinya yang khas. Lumayan buat lauk sekaligus penambah protein, jadi nggak melulu menyantap karbohidrat, kan.


Satu lagi, nih, yang bikin saya ketagihan menyantapnya. 
Setelah diolah, rasa mienya pas banget. Kenyal, tipis, licin, dan lembut nggak mudah putus. Aromanya segar menggugah selera makan saya. Saat menyantap, bumbunya terasa ringan, nggak tajam di tenggorokan. Jadi nggak gampang haus setelah makan bakmi mewah. Beda banget dengan mie instan pada umumnya. 

Kekawatiran saya tentang makanan instan siap saji terpatahkan oleh bakmi mewah.
Saya membaca komposisi bahan yang terdapat dikemasan, mempelajarinya sebaik mungkin sebelum memperkenalkannya pada anak-anak. Sebagai ibu, tentu saya ingin yang terbaik untuk anak-anak.

Label halal dari MUI yang tertera pada kemasan dan terdaftar di BPOM membuat saya kian mantap memilih produk ini. Dan bakmi mewah adalah solusi makanan instan siap saji yang aman untuk keluarga saya.

Kandungan Bakmi Mewah
Ini dia bahan yang terkandung dalam produk bakmi mewah yang aman dikonsumsi itu, loh.

MIE : Tepung terigu, Tapioka, Minyak nabati, Garam, Pengemulsi (Lesitin kedelai), Penstabil nabati dan Natrium Polifostat, Pengatur keasaman, Pewarna makanan Tartazine CI 19140, Antioksidan (TBHQ).

BUMBU : Daging ayam, Air, Minyak nabati, Jamur, Bawang Putih, Kecap, Minyak wijen, Gula, Kecap ikan, Garam, Lada bubuk, Penguat rasa (Dinatrium inosinat dan Guanilat).

MINYAK : Minyak nabati, Minyak ayam.

KECAP : Kecap ikan, Air, Kecap, Gula, Garam, Penguat rasa (Dinatrium inosinat dan Guanilat).

DAUN BAWANG : Daun bawang.

SAOS CABAI : Cabai, Gula, Air, Garam, Bawang putih, Tepung cassava, Penstabil, Capsicum oleoresin, Pengatur keasaman, Pewarna makanan kuning FCF CI 15985 dan Ponceau 4 R (CI 16255)

Saya bisa bernafas lega. Makanan instan yang dikemas higienis ini ternyata tidak mengandung bahan pengawet dan tambahan MSG. Artinya, aman untuk dikonsumsi anak-anak. Saya bersemangat untuk segera mengolahnya kembali.

Sajikan Tanpa Kuah

Sebenarnya cara memasak bakmi mewah gampang banget. Ingat ya, ini bakmi, jadi saat menyajikannya tanpa kuah. Soalnya saya hampir terkecoh, nyaris menyantap bakmi mewah dengan kuah.

Perhatikan petunjuk cara memasak yang tertera pada kemasan, yaitu;
  • Didihkan air, masukkan bakmi mewah dan daun bawang kering selama kurang lebih dua menit. Angkat dan tiriskan mie.
  • Masukkan mie tadi ke dalam mangkuk. Tuangkan kecap, minyak, aduk rata. Tambahkan daging ayam asli dan sambal sebagai pelengkap.
Ada juga cara praktis mengolah bakmi mewah, loh. Yaitu dengan menyeduh bakmi dengan air panas selama tiga menit. Cara ini bisa dilakukan saat kita nggak punya banyak waktu untuk memasaknya. Atau saat kepepet karena kehabisan gas untuk memasak. Mudah, kan?

Bakmi Mewah Kian Istimewa

Rasa bakmi mewah original sebenarnya sudah sedap. 
Pertama, olah bakmi mewah hingga masak, siapkan di mangkuk. Sisihkan dahulu.
Kemudian saya akan membuat topping bakmi ala saya. 

Kali ini saya ingin mengkreasikannya dengan menu favorit keluarga kecil saya. 
Suami saya suka sekali dengan pecel. Maka saya akan mengkreasikan bakmi mewah dengan topping pecel. Daging ayam dan jamur yang terdapat dalam kemasan, tetap saya sajikan, biar makin nikmat.


Bumbu pecel
Kacang tanah disangrai, sisihkan.
Bawang putih 3 siung, daun jeruk 3 lembar, asam jawa, gula merah, cabai secukupnya, sedikit kencur dan garam.

Cara membuat
Blender kacang yang sudah disangrai hingga agak halus. Masukkan bahan yang lain, blender lagi semua bumbu sampai halus dan tercampur.
Ambil bumbu kacang secukupnya, tambahkan dengan sedikit air agar tidak terlalu encer.

Sayuran
Sawi putih, tauge, dan tomat, cuci bersih kemudian rendam sebentar dalam air panas.
Tata sayuran di atas bakmi mewah yang siap saji, siram dengan bumbu pecel, hiangkan.

Lain lagi dengan anak-anak. Mereka paling doyan aneka olahan dari ceker ayam. Kali ini saya menambahkan bistik ceker ayam saat menyajikan bakmi mewah untuk mereka.

Bistik Ceker Ayam
Rebus 10 ceker ayam sampai matang dan empuk, potong menjadi dua bagian, sisihkan.
Haluskan 3 siung bawang putih, 3 butir kemiri, sedikit merica.



Cara memasak
Tumis bumbu halus sampai harum, tambahkan sedikit air.
Masukkan ceker ayam, tambahkan kecap dan kaldu bubuk secukupnya, masak hingga  bumbu meresap.
Hidangkan bistik di atas sajian bakmi mewah.

Senangnya saat melihat suami dan anak-anak menyantapnya dengan lahap.Hingga ludes tak tersisa. Yaa... padahal pengen motret ekspresi mereka saat makan. Nggak sempat, keburu habis.

Meski dikreasikan dengan berbagai topping, tak sedikitpun mengurangi kenikmatan bakmi mewah. Rasanya kian sedap bagaikan sajian khas ala restoran.

Mau makan enak? Udah, nggak perlu jauh-jauh ke restoran lagi. Cukup di rumah aja, bersama bakmi mewah, sajian istimewa ala restoran. Gampang buatnya, pasti rasanya.



***
 Punya kreasi istimewa bersama Bakmi Mewah? 
Yuk, ikut tantangannya. Info lengkap, cek di sini.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar