Senin, 09 Februari 2015

Mengasah Konsentrasi Anak dengan Meronce

Kegiatan memasukkan manik-manik ke dalam benang atau meronce, adalah salah satu kegiatan untuk melatih konsentrasi anak usia dini. Ketika anak memasukkan manik ke benang, mereka sedang berkonsentrasi sekaligus membangun rasa percaya diri untuk bisa melakukannya.
Tanpa disadari, melalui permainan meronce anak-anak belajar mengenal warna, bentuk, dan mengkombinasikannya menjadi pola tertentu. Kemampuan kognitif lainnya pun ikut berkembang. Anak mulai mengenal konsep bilangan, yaitu menyebutkan urutan bilangan dan penjumlahan sederhana.
Kagiatan meronce sangat baik bagi anak-anak usia dini, yaitu menguatkan otot-otot jemarinya untuk persiapan menulis kelak. Lihat saja saat ibu jari dan telunjuk mungil mereka mengepit manik dengan kuat dan memasukkannya ke benang dengan lues. Hal itu membuatnya bisa mengunakan pensil dengan benar dan menulis dengan baik.
Anak akan memaksimalkan ketajaman mata saat memasukkan manik ke benang. Jadi untuk tahap awal, gunakan manik-manik dan tali ukuran besar. Bila sudah terbiasa, ganti manik dan tali tadi dengan ukuran yang lebih kecil secara bertahap.
Manik-manik ukuran besar terbuat dari kayu


Manik-manik ukuran besar terbuat dari plastik

Beragam alat meronce untuk anak dijual bebas. Ada yang terbuat dari kayu dengan warna beragam. Ada juga manik-manik besar yang terbuat dari plastik. Bila Anda kesuliatan mendapatkannya, Anda dapat membuatnya sendiri. Misalnya dengan menggunakan makaroni, atau guntingan sedotan warna-warni. Sedangkan untuk tali, Anda bisa menggunakan tali sepatu yang sudah tidak terpakai.

Bikin Gelang, Yuk!
Dua model gelang cantik

Sekarang, mari kita berkreasi meronce manik menjadi gelang cantik. Ada dua model gelang yang akan kita buat. Pada kegiatan ini, tahapan yang digunakan adalah meronce berdasarkan warna, bentuk, dan ukuran.

Alat dan bahan yang diperlukan

Alat dan bahan yang digunakan adalah:
·           Manik-manik ukuran besar dan sedang,
·           Benang nilon.
·           Gunting.

Caranya membuat gelang model 1:
1.     Gunting benang secukupnya. Pegang kedua ujung benang dengan tangan kiri.
2.     Tangan kanan memasukkan manik ke salah satu benang.

3.     Masukkan benang yang tidak berisi manik ke lubang manik di benang satunya.

4.     Tarik kedua benang hingga manik terikat erat.

5.     Ulangi langkah 2, 3 dan 4 hingga menjadi gelang.

6.   Satukan gelang dengan menyelipkan ujung-ujung benang ke dalam manik pertama. Kemudian ikat erat agar tidak putus.


Caranya membuat gelang model 2:
1.     Lakukan tahapan 1 sampai 4 membuat gelang model 1 di atas.
2.     Setelah manik terikat erat, masukkan manik ukuran kecil ke masing-masing benang.




3.     Masukan manik besar ke salah satu benang.
4.     Masukkan benang lainnya yang tidak terisi manik ke dalam manik besar.

5.     Tarik kedua benang hingga manik besar tadi terikat erat.
6.     Ulangi langkah tersebut terus menerus hingga roncean menjadi gelang.
7.     Satukan gelang dengan menyelipkan ujung-ujung benang ke dalam manik pertama. Kemudian ikat erat agar tidak putus. 



Sebaiknya gunakan manik beraneka warna untuk melatih imajinasi anak dalam berkreasi. Gelang cantik yang dihasilkan pun akan lebih bervariasi. Ketika anak mampu menghasilkan kreasi roncean, beri mereka pujian untuk menumbuhkan rasa percaya diri.
Saat anak menggunakan gelang buatannya, ia akan merasa bangga dengan kreasinya. Kreatifitas dan kemandirian anak kian terasah bila ia terus menciptakan beragam karya lainnya.
Nah, sekarang giliran Anda mencobanya bersama buah hati tercinta.
Selamat berkreasi!

Tidak ada komentar:

Posting Komentar