Selasa, 26 Maret 2013

Panadol, Solusi Cerdas

Demam adalah penyakit yang sering dialami putraku Fadhil yang saat itu berusia 18 bulan. Kedengarannya sepele, namun harus segera mendapat penanganan cepat. Karena aku tidak ingin tubuh mungilnya merasakan nyeri hingga membuatnya menjadi lemas dan sangat rewel bahkan hingga berkepanjangan.

Gejala berupa naiknya suhu tubuh sebagai respon normal tubuh terhadap suatu gangguan ini biasanya terjadi karena
ia sedang mengalami infeksi. Dan penyakit infeksi dengan gejala demam yang paling sering dideritanya adalah radang tenggorokan dan batuk pilek.

Untuk mengantisipasi agar tubuhnya tetap kuat melawan deman dan menghindari resiko dehidrasi atau kekurangan cairan, aku selalu memotivasi ibunya untuk terus memberikan ASI. 

Bila panasnya tak kunjung turun, aku mengompresnya dengan washlap yang dibasahi dengan air hangat sekitar 30 derajat celsius. Dengan harapan suhu tubuhnya menurun saat air yang mengenai permukaan kulitnya menguap. Namun ia selalu menolak bila dikompres dan menjauhkan washlap yang menyentuh kulitnya. Membuatku kian khawatir.

Saat demam, Fadhil menjadi lesu, lemas dan susah makan. Aku pun menjadi panik dan sedih karena kehilangan momen berharga melihat keceriaan gelak tawa dan celotehnya yang menggemaskan.

Untungnya ada Panadol untuk anak yang bekerja cepat, aman sesuai dengan dosis yang dianjurkan dan meredakan semua jenis demam. Kandungan paracetamol di dalamnya berkhasiat meredakan sakit kepala dan demam, serta aman dikonsumsi oleh anak-anak karena tidak menyebabkan Reye’s syndrom. Reye’s sindrom pada anak adalah penyakit fatal yang dapat menyebabkan kerusakan pada organ dalam tubuh, terutama otak dan hati.

Kini aku tak perlu  khawatir lagi, karena sudah ada Panadol untuk anak dalam kotak obat di rumah yang selalu siap menjaga putra bungsuku Fadhil dari demam baik karena infeksi dan virus penyakit, maupun saat baru tumbuh gigi. Menurutku orang tua yang cerdas akan selalu menyediakan panadol di rumahnya, seperti aku.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar